Kamis, 29 September 2011

Niat Dalam Melakukan Sesuatu

Niat adalah keinginan yang dikatakan didalam hati kita dan badan kita melaksanakan keinginan tersebut. Kalau keinginan itu dikatakan didalam hati tapi kita melakukan itu bukan dikatakan niat yang benar. Didalam hadist mengatakan “innamal ‘amalu binniat” artinya sesungguhnya perbuatan itu tergantung niatnya.Apakah niat itu perlu ada..??bagaimana niat yang baik..??
Niat merupakan kata yang ada dalam hati, kadang niat juga bias dilafadkan melalui lidah atau cukup dihati saja. Kenapa semua perbuatan itu tergantung dengan niatnya! Karena niat itu dari hati sementara hati termasuk central dari tubuh kita.Pernahkah kita sakit hati? Apa yang kita rasakan? Pasti badan kita lemas karena sakit hati susah makan pikiran galau dan tidak konsentrasi, makanya itu central dari tubuh kita adalah hati.”sesungguhnya didalam tubuh kita ada segumpal daging,ketika daging rusak maka rusaklah tubuh kita,dan ketika daging itu baik makalah baiklah tubuh kita,apa itu daging itu? Daging itu adalah Hati”. Niat itu harus ada dalam diri kita apa lagi kita seorang penuntut ilmu, karena salah dalam start niatnya maka kita akan hancur untuk selanjutnya.
Niat yang paling baik yang pertama kali dalam hati kita adalah “Lillahi Ta’ala” (karena Allah SWT) karena Tuhan adalah segalanya. Seperti yang diucapkan didalam sholat “innasholati wanusuki wamah yaya wa mamati lillahi robbil ‘alamin” artinya sesungguhnya sholatku,ibadahku,hidupku,matiku karena Allah Swt. Begitu juga niat kita dalam mencari ilmu adalah karena Allah SWT. Banyak orang yang niat mencari ilmu untuk mencari kedudukan, biar dapet pekerjaan biar sukses dll,tapi tidak ada dihati mereka niat karena Allah SWT, sehingga ketika mereka mendapatkan kedudukan dan sukses mereka lupa Allah SWT, mereka sombong dan bahkan korupsi, mereka lupa bahwa sebenarnya Allah lah yang memberikan kedudukan dan kesuksesan.
Maka dari itu jangan sampai salah niat dalam hati, yang paling utama adalah niat kita hanya karena Allah SWT. Mulailah dari sekarang untuk membenahi niat kita yang sebelumnya salah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar