Kamis, 04 Oktober 2012

Implementasi Grafik Komputer Dan Pengolahan citra dalam kehidupan sehari hari

Grafik komputer  adalah salah satu cabang disiplin ilmu informatika yang mempelajari pembuatan gambar dengan menggunakan komputer. Sedangkan Pengolahan citra adalah pengolahan gambar/usaha untuk melakukan transformasi suatu citra/gambar menjadi citra lain dengan menggunakan teknik tertentu. Citra itu sendiri adalah gambar dua dimensi yang dihasilkan dari gambar analog dua dimensi yang kontinu menjadi gambar diskrit melalui proses sampling. Gambar analog dibagi menjadi N baris dan M kolom sehingga menjadi gambar diskrit. Persilangan antara baris dan kolom tertentu disebut dengan piksel. Perbedaan antara grafik komputer dengan pengolahan citra adalah dalam pengolahan citra, gambar input kedalam proses pengolahan citra sudah tersedia, sedangkan pada grafik komputer dilakukan proses untuk menciptakan gambar dari awal.
Tanpa kita sadari di kehidupan sehari-hari sering kita temui suatu aplikasi-aplikasi yang berdasarkan sebuah proses pengolahan grafik komputer dan pengolahan citra. Apalagi pada saat ini, kita ambil contoh grafik komputer sudah digunakan untuk pembuatan film-film animasi seperti Transformers yang robotnya kelihatan sangat nyata. 

Berikut ini adalah bentuk aplikasi grafik komputer dalam kehidupan sehari-hari:
·         Bidang Perancangan
Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat. Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain kendaraan dan lainnya.Menggunakan software desain grafis seperti auto cad, 3D MAX semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat. Memperkecil tingkat kesalahan sehingga akan menghasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.
·         Bidang Hiburan
Pada sekarang ini semua acara hiburan di Tv banyak menggunakan grafik komputer.Mulai dari film kartun,iklan di TV dan sampai acara sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer. Grafik komputer disini berupa efek animasi yang dapat membuat film semakin menarik.
·         Bidang Pendidikan
Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power point ataupun software lainnya. Dengan penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan. tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya. Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang, ruang, grafik, gambar kerangka manusia,susunan tubuh manusia,dan sebagainya.
·         Computer Art
Metode grafika komputer digunakan dalam aplikasi commercial art dan fine art. Seniman menggunakan bermacam-macam perangkat lunak grafik, dan kadang dilengkapi dengan perangkat keras khusus. Contoh perangkat lunak yang digunakan yaitu Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Macromedia, dan sebagainya.
Berikut ini adalah bentuk aplikasi pengolahan citra dalam kehidupan sehari – hari :
·         Bidang kesehatan
Digunakan untuk rontgen tubuh manusia yang berfungsi untuk mengetahui ada atau tidaknya kelainan di tubuh.
·         Bidang visual
Digunakan untuk pemotretan lewat satelit, GPS, foto kamera dan lain – lain.
·         Bidang pertanian
Teknik pengolahan citra telah banyak dipergunakan dalam bidang pertanian antara lain penentuan jenis cacat biji kopi, pemutuan edamame, pemeriksaan mutu karet RSS, pemutuan buah mangga, identifikasi tingkat ketuaan dan kematangan jeruk lemon dan manggis.
·         Bidang perdagangan
Pembacaan kode batang (bar code) yang tertera pada barang (umum digunakan di pasar swalayan/supermarket).
·         Bidang militer
Mengenali sasaran peluru kendali mela lui sensor visual, teropong yang menggunakan night vision, pengidentifikasian pesawat musuh pada radar.
·         Bidang kedokteran
Pengolahan citra sinar X untuk mammografi (deteksi kanker payudara) dan rekonstruksi foto janin.
·         Bidang hukum/kepolisian
Pengenalan pola sidik jari, dan rekonstruksi sketsa wajah pelaku kejahatan.
·         Komunikasi data
Pemampatan citra yang ditransmisi (internet).
Sumber:
http://chiaisadora.wordpress.com/2011/10/11/contoh-aplikasi-grafik-komputer-dan-pengolahan-citra/