Grafik
komputer adalah
salah satu cabang disiplin ilmu informatika yang mempelajari pembuatan gambar
dengan menggunakan komputer. Sedangkan Pengolahan citra adalah pengolahan gambar/usaha untuk
melakukan transformasi suatu citra/gambar menjadi citra lain dengan
menggunakan teknik tertentu. Citra itu sendiri adalah gambar dua
dimensi yang dihasilkan dari gambar analog dua dimensi yang kontinu
menjadi gambar diskrit melalui proses sampling. Gambar analog dibagi
menjadi N baris dan M kolom sehingga menjadi gambar diskrit. Persilangan antara
baris dan kolom tertentu disebut dengan piksel. Perbedaan antara grafik komputer
dengan pengolahan citra adalah dalam pengolahan citra, gambar input kedalam
proses pengolahan citra sudah tersedia, sedangkan pada grafik komputer
dilakukan proses untuk menciptakan gambar dari awal.
Tanpa
kita sadari di kehidupan sehari-hari sering kita temui suatu aplikasi-aplikasi
yang berdasarkan sebuah proses pengolahan grafik komputer dan pengolahan citra.
Apalagi pada saat ini, kita ambil contoh grafik komputer sudah digunakan untuk
pembuatan film-film animasi seperti Transformers yang robotnya kelihatan sangat
nyata.
Berikut ini
adalah bentuk aplikasi grafik komputer dalam kehidupan sehari-hari:
·
Bidang
Perancangan
Pada bidang ini grafik komputer digunakan
untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat. Misalnya
digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain kendaraan dan
lainnya.Menggunakan software desain grafis seperti auto cad, 3D MAX semuanya
akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan
dibuat. Memperkecil tingkat kesalahan sehingga akan menghasilkan suatu model
yang sama seperti aslinya.
·
Bidang
Hiburan
Pada sekarang ini semua acara hiburan di Tv
banyak menggunakan grafik komputer.Mulai dari film kartun,iklan di TV dan
sampai acara sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer. Grafik
komputer disini berupa efek animasi yang dapat membuat film semakin menarik.
·
Bidang
Pendidikan
Grafik komputer pada pendidikan digunakan
untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power
point ataupun software lainnya. Dengan penggunakan bentuk objek ini diharapkan
siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan. tidak hanya
teori saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya. Bentuk ini dapat berupa
penggambaran bidang, ruang, grafik, gambar kerangka manusia,susunan tubuh
manusia,dan sebagainya.
·
Computer Art
Metode grafika komputer digunakan dalam
aplikasi commercial art dan fine art. Seniman menggunakan bermacam-macam
perangkat lunak grafik, dan kadang dilengkapi dengan perangkat keras khusus.
Contoh perangkat lunak yang digunakan yaitu Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe
Ilustrator, Macromedia, dan sebagainya.
Berikut ini adalah bentuk aplikasi
pengolahan citra dalam kehidupan sehari – hari :
·
Bidang
kesehatan
Digunakan untuk rontgen tubuh manusia yang
berfungsi untuk mengetahui ada atau tidaknya kelainan di tubuh.
·
Bidang
visual
Digunakan untuk pemotretan lewat satelit, GPS,
foto kamera dan lain – lain.
·
Bidang
pertanian
Teknik pengolahan citra telah banyak
dipergunakan dalam bidang pertanian antara lain penentuan jenis cacat biji
kopi, pemutuan edamame, pemeriksaan mutu karet RSS, pemutuan buah mangga,
identifikasi tingkat ketuaan dan kematangan jeruk lemon dan manggis.
·
Bidang
perdagangan
Pembacaan kode batang (bar code) yang tertera
pada barang (umum digunakan di pasar swalayan/supermarket).
·
Bidang
militer
Mengenali sasaran peluru kendali mela lui
sensor visual, teropong yang menggunakan night vision, pengidentifikasian
pesawat musuh pada radar.
·
Bidang
kedokteran
Pengolahan citra sinar X untuk mammografi
(deteksi kanker payudara) dan rekonstruksi foto janin.
·
Bidang
hukum/kepolisian
Pengenalan pola sidik jari, dan rekonstruksi
sketsa wajah pelaku kejahatan.
·
Komunikasi
data
Pemampatan citra yang ditransmisi (internet).
Sumber:
http://chiaisadora.wordpress.com/2011/10/11/contoh-aplikasi-grafik-komputer-dan-pengolahan-citra/